Langsung ke konten utama

Tools Apa yang bisa digunakan untuk Melakukan Riset Keyword

Tools Apa yang bisa digunakan untuk Melakukan Riset Keyword
Haii Selamat siang, Nah kali ini saya akan menjelaskan tentang tools apa yang bisa digunakan untuk melakukan riset keyword.
Dalam Membuat Sebuah website yang baik tidak hanya harus memiliki konten-konten yang menarik, melainkan juga harus menggunakan kata-kata kunci yang relate terhadap suatu topik.


Mengapa perlu demikian? Ini diperlukan supaya banyak orang dapat menjangkau website kamu pada saat memasukan kata kunci di mesin pencarian seperti Google.

Apa Itu Keyword

Keyword adalah sesuatu yang berperan penting dalam perkembangan website. Kamu harus bisa menggunakan kata kunci yang banyak dicari oleh para pengguna di Google.

Hal ini berguna supaya website kamu tampil sebagai first suggestion page di halaman pertama Google. Itu sebabnya, kamu harus melakukan riset kata kunci (keyword) sebelumnya.

Google Trends

SEO tools gratis pertama yang bisa kamu gunakan adalah Google Trend. Mungkin kamu sudah familiar dengan tools ini karena merupakan salah satu yang paling populer di antara yang lain.

Google Trend merupakan tools yang sangat mumpuni dalam melakukan riset keyword. Kamu dapat mengetahui tren secara real time sehingga kamu bisa mendapatkan keyword terbaik untuk website.

Berikut adalah beberapa kelebihan dari Google Trends.
  • Menampilkan daftar topik yang sedang hangat.
  • Tersedia fitur filter pencarian berdasarkan wilayah.
  • Tampilan perkembangan topik tertentu dari tahun ke tahun.   
  • Menyediakan data kata kunci yang relevan dengan topik.
  • Tersedia fitur yang dapat membandingkan beberapa kata kunci sekaligus.
  • Data keyword dari website, mulai dari Google News, Google Image, Google Shopping, hingga YouTube.

Google Search Console

SEO tools gratis kedua adalah Google Search Console yang juga merupakan besutan dari Google. Tools ini memberi kemudahan untuk kamu melakukan riset keyword karena dilengkapi beragam fitur sebagai berikut.
  • Memperlihatkan peringkat website untuk kata kunci tertentu.
  • Memperlihatkan penayangan website untuk kata kunci tertentu.
  • Data persentase penayangan dan jumlah klik.
  • Menampilkan jumlah klik ke website untuk kata kunci tertentu.
Meskipun data mengenai search volume dan keyword difficulty tidak diperlihatkan oleh Google Search Console, seperti pada tools lain. Namun, tetap data yang digunakan adalah data pengguna Google yang berharga.

Selain beberapa fitur yang sudah disebutkan di atas, kamu juga dapat menikmati fitur lain seperti URL Inspection yang biasa digunakan untuk melihat indeks website. Terdapat pula fitur Mobile Usability, Core Web Viral, dan lain sebagainya.

Google Keyword Planner

SEO tools gratis lainnya yang bisa kamu jajal adalah Google Keyword Planner yang sebenarnya adalah bagian dari platform iklan milik Google, yaitu Google Ads.

Terdapat beberap keunggulan Google Keyword Planner yang bisa kamu rasakan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.
  • Mencari kata kunci dan mendukung conversion rate,
  • Melalui fitur Discover New Keyword, kamu dapat mencari hingga 10 kata kunci yang berhubungan sekaligus.
  • Dapat mengetahui tingkat pencarian kata kunci tertentu serta persaingannya di mesin pencarian.
  • Melalui fitur Get Search Volume and Forecast, kamu bisa mencari informasi spesifik tentang paid search dan performa dari suatu keyword.
Fitur-fitur tersebut membuat Google Keyword Planner menjadi yang favorit. Tools ini mampu menghadirkan database keyword yang update dengan angka persaingannya.

Google Search

Tidak perlu heran karena memang Google Search bisa berguna sebagai SEO tools. Sebenarnya, Google akan menampilkan dropdown beberapa kata kunci saat kamu melakukan pencarian.

Dari tampilan tersebut, kamu bisa tahu informasi apa yang sedang banyak dicari dan rekomendasi kata kunci tersebutlah yang bisa dijadikan sebagai ide konten.

Ubersuggest

Cukup dengan SEO tools gratis dari Google. Masih ada SEO tools lain yang bermanfaat seperti Ubersuggest. Untuk sebagian blogger atau marketer mungkin tidak asing lagi dengan tools yang satu ini.

Fitur unggulan dari Ubersuggest adalah Keyword Anayzer, yang memberi empat kemudahan dalam mencari keyword melalui fitur sebagai berikut.
  • Keyword Ideas.
  • Keyword List.
  • Keyword Overview.
  • Content Ideas.
Cara menggunakan Ubersuggest pun terbilang tidak sulit. Kamu cukup mengetik kata kunci yang dibidik dengan setting filter lokasi.

Setelah mendapatkan Keyword Ideas, akan ditampilan daftar keyword yang relevan dengan pencarian kamu.

Daftar tersebut sudah dilengkapi pula dengan CPC, volume pencarian, SEO difficulty dan paid. Dari sinilah, kamu bisa mengukur sejauhmana performa suatu keyword dan apa kata kunci alternatif yang bisa digunakan.

SEMrush Keyword Tools

SEO tools gratis yang satu ini adalah pemain lama yang tidak kalah bersaing dengan tools lainnya. Beberapa data riset yang ditampilkan antara lain:
  • Trend keyword.
  • Volume pencarian.
  • Estimasi CPC dalam USD.
  • Kesulitan kata kunci.
  • Fitur SERP, misalnya knowledge, site links, snippet, reviews, video carousel, dan lain sebagainya.
  • Data perkiraan kompetisi PPC.
  • Data jumlah URL dengan kata kunci tersebut.

Kesimpulan

Tools Apa yang bisa digunakan untuk Melakukan Riset Keyword
Berikut ini adalah penjelasan tentang tools yang dapat digunakan untuk riset keyword. untuk kamu yang ingin menggunakan tools kamu dapat menggunakan tools yang sudah saya jelaskan.


Nah untuk kamu juga bisa loh belajar atau mengikuti praktek yang akan kamu gunakan. baiklah sampai sini dulu penjelasan saya di artikel tools sampai jumpa di artikel saya selanjutnya terimakasih.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Strategi Digital Marketing Penting Untuk Mengoptimasi Sebuah Bisnis

Selamat siang gaess, disini saya ingin membahas tentang strategi digital marketing dan pentingnya untuk mengoptimasi sebuah bisnis. baiklah kita akan langsung membahas strategi digital marketing. Untuk kamu yang ingin memulai bisnis kamu, kamu bisa menggunakan strategi digital marketing untuk mempromosikan bisnis yang akan kamu buat. dalam memulai bisnis kamu harus memperhatikan apa saja yang kamu butuhkan untuk bisnis yang akan kamu jalankan. Nah untuk itu mari kita membahah apa saja yang haus kamu pelajari tentang digital marketing dan strategi digital marketing untuk pembisnis. Baca juga : Belajar Digital Marketing Untuk SMK Jurusan RPL di Pekanbaru Apa Itu Digital Marketing ? Digital Marketing adalah suatu strategi pemasaran brand atau produk dengan menggunakan media digital dan internet. adapun tujuan digital marketing adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat. Seperti yang kita tahu, bahwa penerimaan teknologi dan internet di masyarakat sangaat luas sehingga t

Cara membuat backlink dari web lain ke web kita

Haii selamat pagi disni saya ingin menjelaskan tentang cara membuat backlink dari web lain ke web kita.  Mungkin kamu membutuhkan cara membuat backlink dari web lain ke web kita, berikut tips cara menbuat backlink kamu bisa menggunakan tools backlink, manfaatkan content sharing platform, kamu bisa melakukan guest blogging. baiklah kiat masuk ke penjelsan berikut ini kamu juga bisa melihat cara mendaftarkan website ke google search console. Apa itu backlink ? Backlink adalah link pada suatu situs web yang mengarah menuju ke situs web atau halaman web lainnya.  Backlink untuk apa ? Dapat Meningkatkan exposure web Maka Semakin banyak backlink yang kamu dapatkan dari situs web lain, maka semakin banyak exposure yang akan kamu terima dari traffic web tersebut. Untuk Meningkatkan kredibilitas web   untuk mendapatkan backlink berarti web milikmu terpercaya dalam menghasilkan konten berkualitas tinggi dan layak untuk dibaca. Mudah Meningkatkan peringkat pada SERPs Dalam melakukan backlink kamu

Cara mendaftarkan website ke google search console

Hai selamat pagi,  disini saya ingin menjelaskan tentang cara mendaftarkan website ke google search console. Berikut kamu juga bisa melihat cara melakukan riset kata kunci untuk artikel SEO. Mungkin kamu membutuhkan tips untuk membuat website ke google search console. kamu bisa menggunakan langkah-langkah ini berikut: kamu dapat membuka halaman google search cosole, login dengan akun google pilihan, pilih add property, pilih pilih domain, masukkan nama website kamu salin kode verifikasi buka halaman penyedian domain, tempelkan kode verifikasi ke DNS Configuration. Apa itu google search console ? Google Search Console merupakan layanan gratis yang disediakan oleh Google untuk para webmaster. Layanan ini berfungsi untuk meningkatkan keterlihatan situs di hasil pencarian Google dan menampilkan laporan status indeks pada web yang didaftarkan. Apa kegunaan dari Google Search Console? Google Search Console adalah sebuah layanan gratis yang ditawarkan oleh Google untuk membantu Anda memantau,