Langsung ke konten utama

Apa Pentingnya Riset Keyword SEO dan Apa Akibat Jika Tidak Menggunakan Riset Keyword

Apa Pentingnya Riset Keyword SEO dan Apa Akibat Jika Tidak Menggunakan Riset Keyword

Haii jumpa lagi nih di artikel saya, nah kali ini kita akan membahas tentang apa pentingnya riset keyword SEO dan apa akibat jika tidak menggunakan riset keyword. Apakah kamu sudah mengetahui apa itu riset keyword ?.

Saat ini sudah banyak riset keyword tools yang dapat memudahkan Anda menemukan kata kunci yang tepat, seperti Google Keyword Planner, SEMrush, dan lain-lain. Dengan menggunakan keyword yang tepat, peringkat website juga akan menjadi lebih baik sehingga dapat menghasilkan web traffic yang tinggi.

Baca Juga : Apa itu Landing Page dan Contohnya, Ternyata Ini Ciri-ciri dan Bentuknya

Apa Itu Riset Keyword ? 

Riset keyword merupakan proses menemukan kata kunci yang relevan dengan bisnis, produk atau layanan Anda serta memiliki kemungkinan besar dicari oleh banyak pengguna secara online. Riset keyword dapat dikatakan sebagai salah satu langkah penting untuk mengoptimalkan SEO on page karena dapat mempengaruhi performa website Anda. 

Berikut beberapa alasan lain mengapa riset keyword perlu Anda lakukan sebelum membuat konten.

Menghasilkan konten pemasaran yang baik

Agar konten yang Anda buat dapat menjadi media pemasaran yang baik, konten harus Anda buat dengan keyword yang relevan dengan layanan Anda. Pada umumnya pengguna akan selalu mencari informasi di mesin pencari melalui sebuah keyword. Dengan riset keyword Anda dapat menemukan kata kunci apa saja yang berhubungan dengan bisnis Anda.

Mendapat peringkat yang lebih baik di mesin pencari

Selain membuat konten yang berkualitas, Anda juga harus memperhatikan artibut HTML dan metadata di dalamnya. Keyword yang Anda dapat dari hasil riset dapat Anda sisipkan ke dalam judul, slug, serta meta description artikel. Hal ini akan memudahkan mesin pencari untuk menangkap detail konten yang telah Anda buat.

Meningkatkan traffic dan penjualan

Melalui riset keyword, Anda akan menemukan kata kunci populer yang sedang banyak dicari oleh pengguna di internet. Dengan menggunakan keyword tersebut, maka peluang website Anda untuk dikunjungi juga akan menjadi lebih besar.

Pastikan ketika melakukan riset keyword, Anda selalu memilih kata kunci dengan volume pencarian yang tinggi namun dengan tingkat kompetitif yang rendah. Hal ini akan membuat konten Anda menjadi lebih mudah untuk ditemukan pengguna.

Anda dapat menggunakan tools bernama Google Trends untuk mengetahui topik relevan yang sedang diminati di wilayah Anda. Semakin banyak pengguna yang tertarik dan mengunjungi website Anda, maka semakin banyak juga peluang penjualan yang dapat Anda hasilkan.


Jenis-Jenis Keyword

Nah kamu dapat mengetahui apa saja jenis-jenis yang terdapat di keyword.

Apa aja sih jenis-jenis keyword? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!
  • Keyword Berdasarkan Audience
Untuk keyword yang ada dalam jenis ini adalah:
  • Keyword umum adalah jenis kata kunci yang memiliki jangkauan luas dan memberikan informasi yang bersifat umum untuk semua golongan.
  • Keyword khusus adalah jenis kata kunci yang memiliki jangkauan tertentu dan memberikan informasi khusus hanya untuk orang tertentu saja.
  • Keyword Berdasarkan Jumlah Kata
Keyword berdasarkan jumlah kata dapat dibedakan menjadi 2 jenis, sebagai berikut.
  • Short tail keywords adalah keyword utama yang selalu digunakan dan biasanya terdiri dari beberapa kata saja.
  • Long tail keywords adalah kata kunci panjang yang memiliki rangkaian kata. Pada umumnya, long tail keywords ini terdiri atas 2 kata lebih hingga 5 kata atau lebih.
  • Riset Keyword Berdasarkan Waktu
Riset keyword berdasarkan waktu ini merupakan kata kunci yang volume pencariannya hanya untuk waktu-waktu tertentu saja. Adapun keyword berdasarkan waktu ada 2 jenis adalah sebagai berikut.
  • Keyword musiman merupakan kata kunci yang diatur secara musiman. Artinya kata kunci ini dapat memberikan dampak positif untuk meningkatkan traffic website pada waktu tertentu saja saat informasi yang diberikan sedang trending.
  • Keyword abadi merupakan kata kunci yang tidak termakan waktu dan tidak terpengaruh terhadap perubahan. Artinya kapan pun itu kata kunci ini dapat digunakan menarik minat pengunjung situs website.

Manfaat Melakukan Keyword Riset 

Riset keyword akan menghasilkan beberapa output yang penting untuk kemudian dipakai pada proses SEO selanjutnya, di antaranya:
  • Memahami perilaku dari user yang menjadi target market ketika mereka melakukan pencarian. 
  • Mengetahui topik-topik yang dicari user yang berkaitan dengan bisnis kita.
  • Dapat menentukan prioritas terhadap grup atau kategori keyword yang ditargetkan sehingga bisa lebih fokus. 
  • Tepat dalam memisahkan keyword-keyword yang tidak relevan dan low-priority.
  • Dapat membuat proyeksi terhadap potensi traffic yang akan masuk dan target kontribusinya terhadap goal bisnis yang telah ditetapkan.
  • Lebih mudah memetakan kompetitor yang memiliki kemiripan dalam menarget kelompok keyword tertentu. Termasuk memilah apakah kompetitor tersebut sekaligus juga adalah kompetitor dalam bisnis atau tidak.
  • Sebagai alat ukur performa yang sederhana, cukup dengan mengikuti perkembangan posisi ranking pada SERP (search engine result pages). 

7 Kesalahan Yang Harus Kamu Perhatikan Dalam Riset Keyword

Berikut ini 7 kesalahan yang harus kamu perhatikan dalam melakukan riset keyword:
  1. Hanya fokus pada keyword search volume tinggi
  2. Mengabaikan search intent
  3. Tidak memaksimalkan long tail keyword
  4. Tidak riset konten yang ada di SERP
  5. Hanya menargetkan satu keyword dalam satu konten
  6. Tidak melakukan riset user atau pelanggan
  7. Hanya terpaku pada Google

Kesimpulan

Apa Pentingnya Riset Keyword SEO dan Apa Akibat Jika Tidak Menggunakan Riset Keyword
Berikut adalah penjelasan saya tantang apa penting riset keyword, Nah utnuk akamu yang belum mengetahui apa itu riset keyword kamu bisa mempelajari nya dengan membaca dan mengetahui lebih banyak lagi.

Untuk menemukan apa yang pengguna cari di search engine, sehingga kita dapat menghindari pembuatan konten yang tidak relevan dengan apa yang dicari oleh pengguna.

Baiklah sampai sini dulu penjelasan kita sampai jumpa lagi di artikel saya selanjutnya terimakasih.














Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu Landing Page dan Contohnya, Ternyata Ini Ciri-ciri dan Bentuknya

Haii selamat siang jumpa lagi di artikel saya, Nah kali kita akan membahas tentang Apa itu Landing Page dan Contohnya, Ternyata Ini Ciri-ciri dan Bentuknya. Apakah kamu pernah dengan istilah dan pengertian Landing Page? Apa itu Landing Page? Lantas apa bedanya dengan Website? Nah, Kita akan bahas lebih lengkap tentang pengertian landing Page, Fungsi, tips membuat dan Tools untuk optimasi website landing page kamu. Baca Juga : Cara Melakukan Riset Keyword Yang Benar Melakukan Google, Google Trends Dan Ubersuggest Apa Itu Landing Page ? Landing Page adalah halaman yang dirancang khusus untuk mengarahkan user ke arah yang dinginkan secara spesifik, Misalnya : Laman khusus produk atau laman penawaran. Jadi bisa disimpulkan landing page adalah sebuah halaman khusus yang menjadi tujuan user dan berisi informasi lebih detail dan spesifik tentang produk, service, penawaran, dll. Sehingga bisa disimpulkan jika landing page merupakan laman yang dikhususkan untuk mindset marketing. Apakah landing

Strategi Digital Marketing Penting Untuk Mengoptimasi Sebuah Bisnis

Selamat siang gaess, disini saya ingin membahas tentang strategi digital marketing dan pentingnya untuk mengoptimasi sebuah bisnis. baiklah kita akan langsung membahas strategi digital marketing. Untuk kamu yang ingin memulai bisnis kamu, kamu bisa menggunakan strategi digital marketing untuk mempromosikan bisnis yang akan kamu buat. dalam memulai bisnis kamu harus memperhatikan apa saja yang kamu butuhkan untuk bisnis yang akan kamu jalankan. Nah untuk itu mari kita membahah apa saja yang haus kamu pelajari tentang digital marketing dan strategi digital marketing untuk pembisnis. Baca juga : Belajar Digital Marketing Untuk SMK Jurusan RPL di Pekanbaru Apa Itu Digital Marketing ? Digital Marketing adalah suatu strategi pemasaran brand atau produk dengan menggunakan media digital dan internet. adapun tujuan digital marketing adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat. Seperti yang kita tahu, bahwa penerimaan teknologi dan internet di masyarakat sangaat luas sehingga t

Strategi apa saja yang anda lakukan dalam sukses berkerja

Haii mungkin kamu membutuhkan tips agar strategi apa saja yang abda lakukan dalam sukse bekerja. Berikut kamu bisa melakukan tips tersebut, mintalah bantuan rekan kerja sebelum atasan masuk, rama terhadap sesama rekan kerja, dapat memberi ide saat rapat, jangan takut untuk memulai, sering melakukan branstormimg. Kamu mungkin dapat memakai tips diatas . berikut kamu juga bisa menggunakan untuk cara berjualan di marketplace facebook agar laris.   Strategi apa yang Anda lakukan untuk menuju sukses? Adapun strategi untuk mencapai kesuksesan antara lain: Perencanaan yang matang. Hidup tanpa perencanaan ibarat seseorang berjalan tanpa tujuan yang jelas. Penguasaan Kompetensi.  Menjadikan kegagalan (failure) sebagai motivasi.  Kejujuran dan sportifitas.  Doa yang tiada henti. Jelaskan langkah langkah kerja keras untuk mencapai kesuksesan? Kerja keras perlu dilakukan dalam mencapai kesuksesan adalah bekerja keras yang bersifat totalitas. Berikut ini penjelasannya. Miliki visi dan tujuan yang j