Selamat pagi
Haii gaess disini saya ingin menyampaikan tentang , contoh PDCA dalam kehidupan sehari hari.
PDCA adalah model yang dilakukan ketika suatu usaha melakukan perubahan atau perbaikan dalam bisnisnya . terkadang siklus ini dikenal dengan sebutan siklus deming atau siklus shewhart.
PDCA ( Plan - Do – Check – Act ). Apa itu PDCA ? PDCA atau plan , do , check, act adalah pendekatan empat tahap berkelanjutan yang biasanya dipakai utuk meningkatkan proses , layana atau produk dalam manajemen proses bisnis. Model PDCA adalah model yang di ciptakan oleh seorang fisikawan ameriks pada tahun 1920-an yakni walter Andrew shewhart. berikut ini dalam berkerja jangan sampai lupa pentingnya kesehatan dan keselamatan kerja dibidang komputer selama pkl.
Model PDCA ini di aplikasikan dalam proses menejemen bisnis
• Mengembangkan desain baru
• Mendefinisikan proses kerja yang berulang
• Merencaanakan pengumpulan dan analisis data untuk memprioritaskan dan memverifikasi masalah.
Tahapan dalam melakukan model PDCA
1. Tahap plan ( perencanaan )
Tahap pertama model PDCA adalah mengindetifikasi masalah untuk merencanakan langkah yang perlu dilakukan dalam mencari solusi. Untuk memastikan rencana kamu berjalan dengan baik , sebelumnya ada beberapa pertanyaan berikut :
• Apa masalah inti yang perlu kamu selesaikan ?
• Sumber daya apa yang dimiliki oleh perusahaan ?
• Sumber daya apa yang diperlukan daalam masalah ini ?
• Dalam kondisi seperti apa rencaana ini dipandang berhasil serta apa tujuannya?
• Apa solusi terbaik menghadapi masalah berdasarkan pada sumber daya yang tersedia ?
2. Tahap do ( melakukan )
Setelah melaakukan perencanaan yang tepat serta menyiapkan solusinya , maka tahapan selanjutnya dalam PDCA adalah melakukan atau menguji coba . catat setiap perubahan yang terjadi dalam proses ini karena itu bisa menjadi data-data yang penting dalam proses evaluasi selanjutnya.
3. Tahapan check (memeriksa)
Tahapan cheking menjadi upaya penting dalam siklus PDCA. Proses cheking juga perlu dilakukan untuk menghindari proses kesalahan yang berulang. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan dalam proses ke tiga ini :
• Memeriksa apakah standarnya terpenuhi
• Memeriksa apa yang berhasik dan salah serta kenapa ini bisa terjadi
4. Tahap act ( tindakan )
Jika berhasil dari peninjauan kamu selama tiga tahap diatas hasilnya cukup memuaskan , maka kamu dan tim dapat mengembangkan metode ini untuk terus dilakukan secara berulang. Setiap model PDCA yang berhasil akan menjadi baseline standar baru diperusahan.
Bayangkan kamu memiliki restoran yang punya menu special tulang iga .
Restoraan kamu berjaalaan dengan lancer seperti biasanya , namun akhir-akhir ini menu tulang iga kamu yang special rasanya tidak di nikmati dan dihargai seperti yang terjadi dulu.kamu merasa bahwa pelangganmu tergila -gila dengan hidangan tersebut.
Karen kamu bukanlah orang yang sangat memperhatikan metode , kamu memutuskan untuk menggunakan siklus PDCA.
1. Plan
Tujuan kamu adalah untuk menciptakan resep baru yang sukses untuk menu special tulang iga. Kamu mulai menawarkan 5 menu hidangan alternative kepada pelanggan kamu , setiap mimggunya kamu akan mempertahankan 3 menu teratas yang banyak dipesan pelanggan . kamu akan menggunakan proses berulang untuk menemukan mana bahan dan proses memasak yang paling disukai pelanggan.
2. Do
Pada minggu pertama kamu menyiapkan 5 menu terbaik yang kamu tau. Setelah kamu mendaparkan masukaan dari penggan , maka kamu akan mulai melakukan modifikaasi berbeda terhadap resep.
3. Check
Di setiap akhir minggu, kamu mengecek yang mana resep yang paling suka. Dalam langkah ini , tujuanmu adalah untuk melihat apakah resep kamu menuju kea rah yang benar.
4. Act
Setelah kamu memeriksa resep terbaik yang kamu hasilkan , coba untuk melakukan analisis dan memutuskan resep baru apa yang kamu sajika minggu depan. Akhirnya setelah 4 minggu brturut-turut terbukti .
Sekarang kamu sudah mengenal siklus PDCA, namunjika kamu belum siap untuk membangun bisnis kamu sendiri, sebagai gantinya kamu bisa mendaftar sebagai talent.
Pada akhirnya siklus PDCA adalah kerangka kerja yang sederhana tetapi sangat efektif untuk memperbaiki masalah dalam organisasi.kamu juga dapat melihat cara index artikel blog/ website google ( mengecek, menaikan ).
Okee sampai sini dulu penjelasan kita gaees .
Terimakasih .
Komentar
Posting Komentar