Langsung ke konten utama

Strategi SEO Pemula Apakah Harus Bisa Coding?

Strategi SEO Pemula Apakah Harus Bisa Coding?
Haii Gaess Jumpa lagi nih ke artikel saya nah kita akan membahas tentang strategi SEO pemula apakah harus bisa coding?
Mau Belajar SEO? Tapi masih belum tahu bagaimana cara cepat untuk memahami Teknik SEO Pemula? Tenang! Disini kamu akan belajar bagaimana cara cepat untuk menguasai Teknik Optimasi Search Engine.


Apakah menjadi spesialis SEO mewajibkanmu menjadi ahli coding juga? Ternyata jawabannya adalah tidak, lho! Kamu tidak perlu jadi coder atau programmer profesional untuk bisa bertahan di dunia SEO.

Disini kamu akan menemukan bagaimana kamu bisa cepat memahami dan belajar tentang search engine optimization.

Apa Itu SEO ?

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization yang merupakan teknik yang digunakan untuk optimisasi suatu website dengan tujuan memudahkan mesin pencari untuk menemukan halaman/website dan menempatkan di halaman pertama di mesin pencari dengan keyword yang ditentukan oleh user.

Apa Saja Skill Yang Penting Untuk SEO 

Kemampuan analisis yang tajam

Salah satu skill penting yang perlu dimiliki seorang spesialis SEO adalah skill analisis. Sebab, profesi ini menuntutmu agar mampu mendapatkan data mengenai apa, kapan, siapa, dan di mana, serta memahami pertanyaan ‘mengapa’ dan ‘bagaimana’ yang biasanya muncul bersamaan dengan data-data tersebut.

Sebagai contoh, misalnya terjadi peningkatan traffic organik. Sebagai pakar SEO, kamu akan perlu mengecek laporan dan mengilustrasikan taktik apa yang mendorong kenaikan traffic tersebut.

Melakukan riset

Setelah analisis, skill berikutnya yang perlu dikembangkan calon spesialis SEO adalah skill riset. Soalnya, profesi ini nantinya mengharuskanmu untuk banyak melakukan riset. Salah satu jenis riset yang paling banyak dilakukan spesialis SEO adalah analisis keyword, yang bisa memberikan insight penting dalam menciptakan landasan strategis untuk campaign SEO yang akan dieksekusi.

Dan dalam realitanya, pakar SEO melakukan begitu banyak riset. Untuk mengembangkan skill yang satu ini, kamu bisa mulai dengan banyak membaca dan terus mengikuti berita serta update terbaru di dunia teknologi search engine saat ini.

Menguasai coding dasar

Apakah menjadi spesialis SEO mewajibkanmu menjadi ahli coding juga? Ternyata jawabannya adalah tidak, lho! Kamu tidak perlu jadi coder atau programmer profesional untuk bisa bertahan di dunia SEO. Malah, banyak fungsi SEO mendasar saat ini sudah tersedia dalam sistem content management system alias CMS.

Hanya saja, akan lebih menguntungkan dan bermanfaat buatmu jika kamu minimal punya pengetahuan mendasar tentang coding dan teknologi yang terkait. Mengapa? Dengan memiliki pemahaman mendasar terhadap coding yang baik, kamu bisa memahami pula source code dari sebuah website.

Mampu berkomunikasi dengan baik

Sama halnya dengan profesi lain di bidang digital, skill komunikasi yang baik juga memainkan peran penting untuk mendukung kariermu sebagai spesialis SEO andal nantinya. Soalnya, kamu akan perlu sering berkomunikasi minimal dengan rekan setim untuk memastikan bahwa jumlah pekerjaan yang ditetapkan telah diselesaikan dan untuk memastikan bahwa arahanmu telah dilakukan.

Tak hanya itu, kamu juga akan harus menjelaskan konsep-konsep rumit kepada klien atau pelanggan yang kemungkinan besar tidak memiliki pemahaman teknis terkait dengan bidang ini. Di samping itu, kamu juga perlu membuat konten yang relatable dengan para pengguna website. Dengan begitu, skill komunikasi jelas merupakan aspek penting terutama jika kamu ingin terus menjadi SDM yang unggul di bidang ini.

Bisa belajar dengan cepat

Karena kemajuan teknologi yang begitu cepatnya, penting buatmu untuk mampu terus mengikuti perkembangannya dan belajar konsep-konsep baru dengan cepat. Dengan begitu, kamu akan lebih bisa menemukan taktik maupun solusi yang relevan dan semakin efektif untuk mencapai tujuan SEO-mu.


Artinya, kamu perlu menjadi seseorang dengan gagasan mendetail mengenai SEO, termasuk seluruh informasi baru yang muncul terkait bidang ini. Dengan menjadi seorang fast learner, kamu bisa mendapatkan posisi yang menjanjikan di bidang SEO.

Bagaimana Cara Belajar SEO Untuk Pemula

Untuk memudahkan Anda, kami membagi artikel belajar SEO pemula ini menjadi sepuluh bagian utama yang bisa anda lakukan :
  1. Konsep Dasar SEO
  2. Optimasi Kecepatan Website
  3. Optimasi Website Agar Mobile Friendly
  4. Riset Keyword
  5. Membuat Konten
  6. SEO On Page
  7. Technical SEO
  8. SEO Off Page
  9. Link Building
  10. Faktor yang Mempengaruhi Google Ranking 

Apa Itu Coding ?

Coding adalah salah satu tindakan dari langkah-langkah pemrograman dengan menuliskan kode atau skrip dalam bahasa pemrograman. Supaya skrip tersebut dapat dipahami oleh komputer, maka saat proses coding kamu harus mengikuti aturan sintaks yang berlaku. Aturan sintaks sangat tergantung dari bahasa pemrograman apa yang kamu gunakan saat menuliskan skrip.

Bahasa Pemrograman

Untuk memulai ngoding atau belajar coding, langkah pertama adalah menentukan bahasa pemrograman yang akan dipakai. Tentukan bahasa pemrograman sesuai dengan tujuan dan apa yang akan kamu buat. Terdapat berbagai macam bahasa pemrograman, setiap bahasa pemrograman memiliki tujuan dan karakteristiknya masing-masing.

Sebenarnya kamu bisa dengan leluasa memilih bahasa pemrograman yang akan digunakan. Berikut ini beberapa bahasa pemrograman populer yang bisa kamu gunakan untuk memulai coding.
  • PHP
  • Python
  • Javascript
  • Java
  • C++
  • C#
  • C
  • Ruby
  • Swift
  • R
  • Go 

Kesimpulan

Nah berikut itu adalah penjelasan tentang SEO dan Coding yang harus kamu pelajari. dalam belajar SEO kamu harus mempunyai niat yang serius untuk memulai strategi yang akan kalian buat.
Strategi SEO Pemula Apakah Harus Bisa Coding?

Dalam belajar SEO kamu harus mengerti cara memahami optimisasi suatu website dengan tujuan memudahkan mesin pencari untuk menemukan halaman/website dan menempatkan di halaman pertama di mesin pencari dengan keyword yang ditentukan oleh user. 

Kamu juga bisa kursus di betabisnis untuk ingin belajar lebih dalam tentang SEO dan digital marketing.

Berikut ini adalah pembahasan saya tentang Strategi SEO Pemula Apakah Harus Bisa Coding saya akhiri dan sampai jumpa di artikel saya selanjutnya terimakasih.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Strategi Digital Marketing Penting Untuk Mengoptimasi Sebuah Bisnis

Selamat siang gaess, disini saya ingin membahas tentang strategi digital marketing dan pentingnya untuk mengoptimasi sebuah bisnis. baiklah kita akan langsung membahas strategi digital marketing. Untuk kamu yang ingin memulai bisnis kamu, kamu bisa menggunakan strategi digital marketing untuk mempromosikan bisnis yang akan kamu buat. dalam memulai bisnis kamu harus memperhatikan apa saja yang kamu butuhkan untuk bisnis yang akan kamu jalankan. Nah untuk itu mari kita membahah apa saja yang haus kamu pelajari tentang digital marketing dan strategi digital marketing untuk pembisnis. Baca juga : Belajar Digital Marketing Untuk SMK Jurusan RPL di Pekanbaru Apa Itu Digital Marketing ? Digital Marketing adalah suatu strategi pemasaran brand atau produk dengan menggunakan media digital dan internet. adapun tujuan digital marketing adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat. Seperti yang kita tahu, bahwa penerimaan teknologi dan internet di masyarakat sangaat luas sehingga t

Cara membuat backlink dari web lain ke web kita

Haii selamat pagi disni saya ingin menjelaskan tentang cara membuat backlink dari web lain ke web kita.  Mungkin kamu membutuhkan cara membuat backlink dari web lain ke web kita, berikut tips cara menbuat backlink kamu bisa menggunakan tools backlink, manfaatkan content sharing platform, kamu bisa melakukan guest blogging. baiklah kiat masuk ke penjelsan berikut ini kamu juga bisa melihat cara mendaftarkan website ke google search console. Apa itu backlink ? Backlink adalah link pada suatu situs web yang mengarah menuju ke situs web atau halaman web lainnya.  Backlink untuk apa ? Dapat Meningkatkan exposure web Maka Semakin banyak backlink yang kamu dapatkan dari situs web lain, maka semakin banyak exposure yang akan kamu terima dari traffic web tersebut. Untuk Meningkatkan kredibilitas web   untuk mendapatkan backlink berarti web milikmu terpercaya dalam menghasilkan konten berkualitas tinggi dan layak untuk dibaca. Mudah Meningkatkan peringkat pada SERPs Dalam melakukan backlink kamu

Cara mendaftarkan website ke google search console

Hai selamat pagi,  disini saya ingin menjelaskan tentang cara mendaftarkan website ke google search console. Berikut kamu juga bisa melihat cara melakukan riset kata kunci untuk artikel SEO. Mungkin kamu membutuhkan tips untuk membuat website ke google search console. kamu bisa menggunakan langkah-langkah ini berikut: kamu dapat membuka halaman google search cosole, login dengan akun google pilihan, pilih add property, pilih pilih domain, masukkan nama website kamu salin kode verifikasi buka halaman penyedian domain, tempelkan kode verifikasi ke DNS Configuration. Apa itu google search console ? Google Search Console merupakan layanan gratis yang disediakan oleh Google untuk para webmaster. Layanan ini berfungsi untuk meningkatkan keterlihatan situs di hasil pencarian Google dan menampilkan laporan status indeks pada web yang didaftarkan. Apa kegunaan dari Google Search Console? Google Search Console adalah sebuah layanan gratis yang ditawarkan oleh Google untuk membantu Anda memantau,